Sabtu, 22 September 2007

Detail Engineering Desain Pengembangan Lahan Irigasi di Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada daerah ini akan dilakukan pengembangan irigasi yang memungkinkan.
Setelah melalui beberapa tahap, tim mengusulkan untuk dilakukan pengembangan di daerah Karang dan Seloharjo.

Di daerah karang sudah terdapat lahan sawah eksisting yang merupakan sawah tadah hujan. Lahan yang dapat dikembangkan pada daera ini mencapai 195 ha. Pada tahun 2004, sebenarnya sudah dilakukan pembendungan pada sungai Winongo yang airnya diusahakan dialirkan melalui saluran yang dibuat. Tetapi, dikarenakan tidak mampunya bendung, yang terbuat dari bronjong, menahan debit yang besar pada sungai tersebut sehingga bangunan utama itu hancur. Sekarang sedang dilakukan desain terhadap bendung, dengan desain bendung dari beton dan airnya dialirkan melalui saluran eksisting yang ada (dari bendung Mojo). Diharapkan desain ini mampu menambah aliran air menuju Daerah Irigasi Karang.

Di Daerah Seloharjo juga merupakan lahan sawah tadah hujan, dengan luas lahan yang rencana akan dikembangkan seluas 70 ha. Pada daerah ini, dengan terpaksa, tim mengajukan usulan dilakukan pengairan dengan pompa.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sub-Province Bantul is one of sub-province in Special Region Yogyakarta.

At this district will be done expansion of enabling irrigation.

After passing some phases, team proposes to be done expansion in district Karang and Seloharjo.

In rock district have been there is area of lowland eksisting which is rainfed rice field. Land which can be developed at this daera reachs 195 ha. In the year 2004, actually have been done dam at regulus Winongo which its(the water is laboured flown [by] through passage which is made. But, because of his(its unable to block, made from bagwark, arrest;detains big debit at the regulus so that principal building of that is breakdown. Now is being done design to blocking, with design blocks from concrete and its(the water is flown [by] through the eksisting passage ( from blocking Mojo). Expected this design can add current towards Daerah Irigasi Karang.

In District Seloharjo also is area of rainfed rice field, broadly land which plan will be developed with a width of 70 ha. At this district, perforcedly, team submits proposal is done [by] irrigation with pump.

Tidak ada komentar: